Site Network: Home | Blogcrowds | Gecko and Fly | About


Seno Gumira Ajidarma, Senja, Cinta, dan Peristiwa



Kalau Anda penggemar tulisan Seno Gumira Ajidarma, Anda wajib me-link blog kumpulan tulisan Seno. Jika Anda rindu membaca karya Seno Gumira, Anda tinggal membaca sepuas-puasnya. Blog ini juga berisi ulasan tentang Seno yang ditulis orang lain antara lain oleh Savitri Scherer.


Blog yang disusun oleh anggota milis senogumiraajidarma@yahoogroups.com ini terdiri dari enam kategori, yaitu Artikel, Berita, Cerita Pendek, Esai, Puisi, dan Sketsa. Seno membagi halaman dengan cerbung, cerpen, drama, komik, non-fiksi, puisi, dan roman. Dilihat dari arsip, blog wordpress ini dimulai mulai Aproil 2007. Informasi tentang buku-buku terbaru Seno Gumira, juga tercantum di blog ini, lengkap dengan sampul halaman depannya, seperti misalnya "Linguae" dan "Kalatidha".


Cerita bersambung karya Seno Gumira Ajidarma bertajuk "Nagabumi" yang dimuat di Harian Suara Merdeka sejak 8 Januari 2007, dapat pula Anda nikmati di blog ini. Kumpulan cerpennya, di antaranya seperti Penembak Misterius (1993) dan Saksi Mata (1994) misalnya, dapat dibaca di blog ini.


Kumpulan tulisan Seno Gumira berjudul "Surat dari Palmerah" ketika dia memimpin Majalah Jakarta, Jakarta , sebagian dapat dibaca. Memang, tidak semua karya Seno dapat kita nikmati di blog ini. Namun setidaknya, kita dapat mengikuti informasi terkini karya sastrawan Indonesia kelahiran Boston, AS tahun 1958 itu.


Seno menghasilkan puluhan cerpen yang dimuat di beberapa media massa. Cerpennya Pelajaran Mengarang terpilih sebagai cerpen terbaik Kompas 1993. Buku kumpulan cerpennya, antara lain: Manusia Kamar (1988), Penembak Misterius (1993), Saksi Mata (l994), Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi (1995), Sebuah Pertanyaan untuk Cinta (1996), Iblis Tidak Pernah Mati (1999). Karya lain berupa novel Matinya Seorang Penari Telanjang (2000). Pada tahun 1987, Seno mendapat Sea Write Award. Berkat cerpennya Saksi Mata, Seno memperoleh Dinny O’Hearn Prize for Literary, 1997. Seno kini sibuk membaca, menulis, memotret, jalan-jalan, selain bekerja di Pusat Dokumentasi Jakarta-Jakarta. Ia juga membuat komik dan teater.


Meski dikelola para penggemar tulisannya, blog ini setidaknya menampilkan wajah Seno Gumira Ajidarma yang tertuang dari karya-karyanya yang indah. Blog ini menjadi alat komunikasi Seno dengan para penikmat karya-karyanya.

0 komentar:

Poskan Komentar