Site Network: Home | Blogcrowds | Gecko and Fly | About









BUDIMAN Tanuredjo lama berkecimpung dalam bidang politik, hukum, dan hak asasi manusia. Tidak heran jika tulisan-tulisannya di Kompas selama ini, lebih banyak mengupas persoalan-persoalan tersebut. Tulisan yang termuat di blognya, sebagian besar pernah dimuat di Harian Kompas, tempatnya bekerja selama ini.


Mengapa Budiman ikut nge-blog? "Blog yang ngetren ternyata efektif sebagai penyampai pesan. Menulis di Kompas, media massa yang sudah lebih dari 17 tahun saya bekerja, bukan tidak efektif, tapi memang ada kendala. Melalui blog, opini dan tulisan saya, menjadi tak terkendala oleh ruang dan waktu. Saya bisa menggali kembali tulisan, reportase saya mengenai berbagai hal, dari berbagai daerah, dan disampaikan kepada Anda sekalian.Tulisan dan pandangan saya, lebih banyak didominasi oleh problematika politik dalam negeri, situasi hak asasi manusia, serta problematika hukum di negara, bernama Indonesia. Wawancara dengan berbagai pakar juga akan menjadi bagian dari blog saya ini," demikian tulis Budiman Tanuredjo dalam pengantar blognya.


Blog dapat menjadi dokumen online yang berharga, sepanjang blog itu tidak rusak. Perjalanan sejarah demokrasi, politik dan hukum serta hak asasi manusia di negeri ini, sangat menarik. Tulisan dan laporan jurnalis dapat dijadikan catatan sejarah, termasuk tulisan Budiman Tanuredjo, yang kini menjabat Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas. Sebagian isi blog ini juga berisi tajuk rencana yang ditulis Budiman, dalam posisinya di sana.

Pengantarnya dalam Buku "Jakarta Memilih" (dokumentasi tulisan tentang Pilkada DKI Jakarta 2007) dalam pula dibaca di blog ini. Budiman adalah penggagas dan editor buku "Jakarta Memilih", yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas itu. Selain itu, dia menulis resensi buku soal Lapindo yang berjudul "Banjir Lumpur Banjir Janji" yang juga diterbitkan Penerbit Buku Kompas.


Blog bdm, panggilan akrab Budiman, ini layak dibaca oleh pemerhati masalah-masalah politik, hukum, hak asasi manusia, demokrasi. Juga pantas dibaca oleh siapa saja yang peduli pada perkembangan politik, hukum, demokrasi dan HAM di Indonesia.

Kita perlu memberikan apresiasi kepada jurnalis dan redaktur senior yang masih menyempatkan diri menulis dan mengisi blognya di sela-sela kesibukan sehari-hari. Kita berharap akan lebih banyak lagi jurnalis dan redaktur senior yang membuat dan mengisi blog secara teratur.

0 komentar:

Poskan Komentar